Selasa, 28 Juni 2011

BAB II ALGORITMA

Comments

BAB II
KONSEP, SIMBOL DAN ALAT ALGORITMA


PENDAHULUAN
    Alat Bantu pemograman komputer ada beberapa macam, salah satunya adalah algoritma. Sedangkan flowchart juga merupakan bagian dari algoritma. Dengan kedua cara tersebut komputer hanya mengikuti intruksi dan tidak dapat melakukan sesuatu sebelum diperintahkan. Oleh karena itu, perancang harus menuliskan setiap segi dari permasalahan yang bersangkutan.



PROGRAM DAN PROGRAMING
Setelah menyelesaikan persoalan pemograman dengan menggunakan algoritma dan flowchart, maka cara berikutnya adalah memasukan intruksi tersebut ke dalam bahasa pemograman tertentu berupa suatu program. Program adalah serangkaian intruksi yang disusun untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan menggunakan komputer. Kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan program disebut programming.
Programing dibagi menjadi 5 (lima) tahap, yaitu:
1.    Mengerti persoalan yang akan dilaksanakan
2.    Menganalisa penyelesaian persoalan
3.    Menulis program dalam kertas coding
4.    Mencoba melaksanakan program (test dengan komputer)
5.    Menyusun dokumentasi

a.      Mengerti persoalan yang akan dilaksanakan
Tahap ini adalah langkah pertama yang harus ditempuh dalam programming. Tanpa mengerti persoalan apa yang akan dipecahkan, mustahil berhasil menyelesaikan kegiatan selanjutnya.

b.    Menganalisa penyelesaian persoalan
Tahap ini menyusun suatu cara menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Proses apa yang harus dilakukan, langkah mana yang harus diambil, pekerjaan apa yang harus dilaksanakan dengan menggunakan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

c.    Menulis program dalam kertas coding
Setelah urutan langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan digambarkan dengan menggunakan algoritma atau flowchart maka tiap langkah diwujudkan dalam bentuk intruksi kepada komputer mengikuti aturan-aturan tertentu

d.    Mencoba melaksanakan program (test dengan komputer)
Tahap ini mencoba melaksanakan program dengan menggunakan data-data percobaan. Jika cara menulis intruksi salah, komputer memberitahukan mengenai kesalahan tersebut dan proses tidak dilanjutkan.
Jika hasil proses tidak seperti diharapkan, berarti program belum berhasil. Pada tahap ini, perbaikan-perbaikan dilakukan sampai didapat hasil yang diinginkan.
e.    Membuat dokumentasi
Jika program selesai di-test dan tak ada kesalahan lagi berarti program telah mampu menangani persoalannya. Maka kegiatan terakhir adalah membuat dokumentasi.

2. PENTINGNYA ANALISA
Betul tidaknya program berarti berhasil atau tidaknya program itu memproses data. Proses berhasil apabila hasil proses seperti yang diinginkan. Hasil proses sangat bergantung pada jalannya proses. Jalannya proses ditentukan oleh urutan intruksi-intruksi tak lain berdasarkan analisa pemecahan suatu permasalahan. Sebelum menulis program harus dipikirkan akibat dari intruksi-intruksi, juga urutan intruksi-intruksi terhadap hasil proses. Analisa yang baik menentukan sebagian besar keberhasilan program.

1.5.1. Mencoba Pelaksanaan Program.
Tahap ini mencoba melaksanakan program dengan menggunakan data-data percobaan. Jika cara menulis instruksi salah, komputer memberitahukan mengenai kesalahan tersebut dan proses tidak dilanjutkan.
Jika hasil proses tidak seperti yang diharapkan, berati program belum berhasil. Pada tahap ini, perbaikan-perbaikan dilakukan sampai didapat hasil yang diinginkan.

3. Membuat dokumentasi.
Jika program selesai di-test dan tak ada kesalahan lagi berarti program telah mampu menangani persoalannya, maka kegiatan terakhir adalah membuat dokumentasi
.
4. PENTINGNYA ANALISA
Betul tidaknya program berarti berhasil atau tidak program itu memproses data. Proses berhasil apabila hasii proses seperti yang diinginkan. Hasil proses sangat bergantung pada jalannya proses. Jalannya proses ditentukan oleh urutan instruksi-¬instruksi di dalam program. Penyusunan instruksi-instruksi tidak lain bardasarkan analisa pememecahan persoalan seperti disebutkan di atas. Sebelum menulis program harus dipikirkan akibat dari instruksi-instruksi, juga urutan instruksi-instruksi terhadap hasil proses.
Analisa yang balk menentukan sebagian besar keberhasilan program.

ALGORITMA
1.3.1 PENGERTIAN
Algoritma adalah bagan yang menggambarkan tahap-tahap urutan instruksi dengan menggunakan susunan kalimat.
Kalimat-kalimat yang disusun menggambarkan dengan jelas penyelesaian dari suatu persoalan sehingga langkah awal sampai akhir dari penyelesaian tersebut akan mudah dimengerti dan merupakan salah satu alat bantu dalam pemograman.

Contoh 1
Langkah yang dapat digunakan ketika ingin mengirimkan surat kepada teman adalah :
1.    Tulis surat pada secarik kertas surat.
2.    Ambit sampul surat.
3.    Masukkan surat ke dalam sampul.
4.    Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5.    Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul Surat. Jika tidak ingat, lihat lebih dahulu pada buku alamat, baru kemudian kita tulis alamat pada sampul surat.
6.    Tempel perangko pada surat.
7.    Bawa surat ke kantot pos untuk diposkan.

Contoh 2:
Langkah mencari akar bulat positif dari suatu bilangan bulat (integer) positif a :
1.    Baca a.
2.    Masukkan x sama dengan 1.
3.    Hitung y sebesar x * x.
4.    Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Selesai.
5.    Tambah nilai x dengan 1.
6.    Pergi ke langkah 3.

Program yang dapat dibuat dalam bahasa BASIC:
10 INPUT A 20X=1
30 Y = X * X
40 IF Y = A THEN PRINT X : END
50 X = X + 1 60 GOTO 30

Kalau kita masukkan nilai 4 misalnya, jelas akan tercetak nilai 2 sebagai akar dari 4. Namun bila dimasukkan nilai 5 misalnya, langkah akan berlanjut tak berhenti. Memang untuk A=5, akar bulatnya tak ada.

1.3.2 Sifat-sifat algoritma
1. Banyaknya langkah instruksi yang terbatas.
•    Jumlah langkah yang sesungguhnya dibutuhkan sebenarnya tergantung dari perincian isi (detail) dari algoritma yang bersangkutan.
•    Jumlah langkah yang terdapat di dalam algoritma (Jumlah instruksi dalam program) biasanya jarang sesuai dengan jumlan langkah operasional yang dilaksanakan. Jumlah langkah yang benar-benar dilaksanakan sesuai program tergantung dari data masukan (input) dan t1dak selalu dapat dipastikan sebelumnya.
•    Diperlukan suatu algoritma yang menuju kepada suatu program, dan dapat terpakai daiam waktu cukup lama. Hal pokok dari metode algoritma ialah terdiri dari ulangan langkah-langkah yang sama, mungkin dengan beberapa modifikasi, seringkali dilaksanakan selanna suatu waktu tertentu.

2. Jelas.
Penulisan dari setiap langkah yang terdapat dalam sebuah algoritma harus memiliki arti yang khusus atau spesifik. Penulisan langkah bagi komputer dapat berbeda dengan penulisan bagi manusia. Manusia akan mudah mengerjakan algoritma yang terdiri dari simbol, sedang komputer membutuhkan algoritma dengan kode yang dituangkan dalam program. Hal ini berarti bahwa setiap kali suatu algoritma dilaksanakan dengan data masukan yang sama maka akan diperoleh hasil yang sama pula.
3.    Batasan dari rangkaian proses harus pasti.
Rangkaian proses yang berisi langkah-langkah dari suatu algoritma yang akan dilaksanakan, harus ditetapkan dengan pasti. Sebuah algoritma harus memiliki instruksi dasar tertentu (yang spesifik) dan setiap instruksi harus memiliki unsur pelaksana yang memproses data masukan. Di dalam spesifikasi secara algoritmik, termasuk spesifikasi program, instruksi dilaksanakan dari atas ke bawah kecuali bila ada ketentuan lain, seperti alih kendali bersyarat atau tidak bersyarat

4. Efektif.
Instruksi dari sebuah algoritma dapat memerintahkan komputer agar hanya melaksanakan penugasan yang mampu dilaksanakannya saja. Komputer tidak dapat melaksanakan instruksi, jika informasinya tidak lengkap atau jika hasil dari pelaksanaan perintah tidak diberi batasan yang jelas.

1.4 FLOWCHART
Flowchart adalah bagan yang menggambarkan urutan instruksi untuk proses dengan komputer dan hubungan antara suatu proses dengan proses lainnya dengan menggunakan simbol-simbol.

Dibagi menjadi dua yaitu :
1. System flowchart
Adalah melukiskan urutan operasi pemrosesan data baik yang manual maupun dengan komputer. Diberikan pula aliran data, file yang digunakan selama proses dan pengontrolannya.
2.Program flowchart.
Adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.


DOWNLOAD FULL ARTIKEL INI