Rabu, 15 Juni 2011

algoritma komputer Part 1

Comments

BAB 1
PENDAHULUAN
“Dunia tanpa batas”, ungkapan ini mungkin sangat tepat mencerminkan abad 21 sebagai era informasi dan komunikasi digital. Pada tahun 2000-an ini, tidak ada peristiwa politik di belahan dunia mana pun yang tak terjangkau pemberitaan media massa. Namun, kontradiksi dengan hal tersebut, sebagian besar masyarakat miskin perdesaan belum tersentuh perkembangan komunikasi-informasi dan kemudahan-kemudahan yang diperoleh dari TIK. Perkembangan TIK bahkan semakin memperbesar kesenjangan bagi kalangan marjinal, terutama kelompok miskin dan perempuan, yang tidak memiliki peluang akses terhadap pembangunan dan sumber komunikasi-informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan kehidupannya.
Inilah yang menjadikan isu “kesenjangan dijital” (digital divide) mengemuka sebagai agenda pembangunan dalam lima tahun terakhir ini di Indonesia. Masyarakat perdesaan membutuhkan informasi dan pengetahuan yang dapat mereka manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dalam berbagai aspek (kesehatan, sosial, budaya).

1. Definisi Komputer
Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya adalah menghitung ( to compute atau to reckon). Namun demikian ada beberapa definisi komputer, antara lain:
  • Menurut Robert H. Blissmer (Computer Annual)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- Menerima input
- Memproses input tadi sesuai dengan programnya
- Menyimpan output dalam bentuk informasi
  • Menurut Donal H Sanders (Computer Today)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input dibawah pengawasan suatu langkah-langkah intruksi program yang tersimpan di memori (strored program)
  • Menurut V.C. Hamacher, Z.G. Vrenesic , S.G. Zaky (Computer Organization)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (strored program) dan menghasilkan output informasi.
  • Menurut William M. Fupri (Interduction to the computer, The Tool  Of Business)
Komputer adalah suatu pemrosesan data (data prosesor) yag dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan.
  • Menurut Gordon B. Davis (Introduction To Computer)
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
            Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
  1. Alat elektronik
  2. Dapat menerima input
  3. Dapat engolah data
  4. Dapat memberikan informasi
  5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori (strode program)
  6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  7. Bekerja secara otoatis
Sedangkan program adalah kumpulan dari intruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu.

Setelah mengenal apa itu komputer dan penggunaannya di berbagai bidang, ternyata komputer yang digunakan untuk acam-macam aplikasi itu tidak sama.
Berdasarkan cara pengolahannya, komputer dapat dibagi atas:
  • Komputer analog
Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan (misal dalam laboratorium foto) Ciri dari komputer ini adalah data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu)
Misal untuk mengetahui suhu, tekanan
  • Komputer digital
Digunakan dalam pembuatan sistem penagihan rekening listrik, perhitungan hasil test masuk perguruan tinggi.

Ciri dari komputer ini adalah data yang diolah merupakan data kuantitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa dis kontinyu/digital)
Misal berupa charakter :  
- alpabetik (a-z) 
- numerik (0-9) 
- khusus (+, -, /, *, ...)

  • Komputer hybrib
Merupakan komputer yang sekaligus bisa melakukan pengolahan data kualitatif maupun data kuantitatif.
Berdasarkan cara penggunaannya, komputer dibagi atas :
- single user                 : PC
- Multi user                  : mainframe, mini komputer, LAN
contoh gambar:









Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram blok sebagai berikut:








2. KOMPUTER SEBAGAI ALAT PENGOLAH DATA
            Pengelahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Elektrnik Data Processing (EDP). Data yang diolah akan menghasilkan data yang lebih berguna yang biasa informasi. Data adalah kumpulan beberapa kejadian yang diangkat dalam suatu kenyataan, dapat berupa informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau  Elektrnik Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
Karena tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan  informasi maka diperlukan elemen-elemen pendukung yang berupa software, hardware dan brainware.
Hardware    :    (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software     :     (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware    :    adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen di atas saling berhubungan. Satu dengan yang lain saling berkaitan. Sehingga tanpa salah satupun dari ketiga elemen maka komputer tidak dapat menjalankan fungsinya.

3. SIKLUS PENGOLAHAN DATA
            Suatu proses pengolahan data yang dilakukan komputer hingga dihasilkan apa yang kita inginkan terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu input, processing dan output.




Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembabngkan lebih lanjut. Sikklus pengolahan data yag dikembangkan (expaned data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan yaitu origination, strorage dan distribution.






Pengertian:
Origination   :  Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
Input            :   Tahap ini merupakan proses memasukan data ke dalam proses komputer lewat alat input (iput device).

Processing     :  Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukan yang dilakukan            oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses proses menghitung, membandingkan, mengklarifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
Output       :  Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi.
Distribution   :  Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kpeada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storage         :  Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di luar (storage). Hasil dari pegolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar tampak ada 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan hasil pengolahan apat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.

            Baik peralatan masukan maupun keluaran, terhubung langsung dengan alat pengolahan utama (CPU). Dalam bahasa sekarang penggunaan kaset sebagai sumber bunyi sudah merupakan hal yang lumrah. Misal lagu adalah sebuah data, untuk bisa mendapatkan sebuah lagu kita harus melibatkan beberapa peralatan.
Pertama lagu harus tersimpan dalam suatu media, bias berupa pita kaset atau piringan hitam.
Kedua untuk bias memainkan lagu dalam media tersebut, harus mempunnyai peralatan kaset dek (meja putar/turn untuk piringan hitam). Hasil dari kaset dek maupun meja putar belum dapat dinikmati. Harus melalui suatu pengolahan yang dilakukan dalam suatu alat yang dinamakan penguat (amplifier). Walaupun pita kaset (berisi lagu) sudah ada, peralatan mainnya sudah ada, kemudian dihubungkan dengan pita penguat, namun tetap lagu yang diinginkan belum bias terdengar, maka diperlukan peralatan pengeras suara (loud speaker).
 Pada komputer juga terjadi proses yang sama. Pita kaset (piringan hitam) dianalogkan:
-      Pita Magnetis (magnetic tape)
Merupakan media penyimpanan data dalam bentuk pulsa magnetis, dimana data dapat dihapus dan direkam ulang.
-     Diskette/Disk
Prinsip kerjanya sama dengan pita magnetis.
Kaset dek (meja putar) dianalogkan:
-     Tape Drive
Untuk membaca atau merekam data dari atau media rekam pita magnetis,
-     Diskette/Disk Drive
Merupakan alat baca atau rekam diskette.Penguat dianalogkan:
-     CPU
Otak dari keseluruhan peralatan komputer Pengeras dianalogkan :
-     Printer
Adalah mesin cetak elektronik.
-     VDU (Visual Display Unit)/terminal
Penampilan keluaran dalam layer CRT (Cathode Ray Tube)
Kemampuan komputer yang paling menajubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti missal perhitungan pertambahan atau pengura ngan daam waktu yang sangat cepat yaitu dalam suatu millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond



 



Tabel. Satuan kapasitas memori komputer.







4.  CARA KERJA KOMPUTER
Pelaksanaan pentarjemahan yang dilakukan komputer hingga hasil yang kita harapkan tercapai, tidak lepas dari processor. Bagian yang terdapat pada processor adalah:
1. CPU, yang terdiri dari :
            - control unit
            - ALU (Aritmetik Logikal Unit)
            - Register
2. Main Memory, yang terdiri dari:
            - RAM (Radom Acces Memori), terdiri dari :
a. input memory
b. program memory
c. working memory
d. output memory
            - ROM (Read Only Memory), yang terdiri dari :
a. operating sistem
b. interpreter

RINGKASAN
Dengan mengetahui jalannya pemrosesan data, kita akan mudah dalam melakukan pengolahan data, sehingga kita akan cepat dalam melakukan pemrosesan.